1.
Adjoining Rooms
Kamar gabung, dua kamar atau lebih yang
berdampingan tanpa dihubungkan oleh pintu. Jadi pemesan kamar dapat saling
berkomunikasi secara leluasa dengan rekan atau keluarga yang tinggal di kamar
sebelah
2.
Arrival Date
Tanggal kedatangan
wisatawan ke suatu objek wisata atau negara tujuan wisata
3.
Arrival List
Daftar kedatangan tamu
4.
Available Room
Jumlah kamar tersedia yang dapat disewa oleh pemesan
5.
Average Length of Stay
Rata-rata masa tinggal, yakni angka yang diperoleh dari jumlah
bermalam dari wisatawan dibagi dengan jumlah wisatawan itu dalam jangka waktu
tertentu
6.
Average Room Rate
Biaya rata-rata sewa kamar
7.
Baby Cot
Tempat
tidur gantung untuk bayi yang disediakan oleh hotel
8.
Baby Crib
Tempat tidur
kecil untuk bayi yang disediakan hotel
9.
Back of the House
Hotel bagian belakang; bagian hotel yang tidak langsung berhubungan
dengan tamu, misalnya ruang dapur, binatu, ruang perlatan hotel, ruang
administrasi dll
10.
Bed Cover
Kain
penutup tempat tidur yang harus dilipat oleh room boy / maid ketika tamu akan
tidur
11.
Bed Mat
Lapisan
kasur sebelum diberi lapisan sprei
12.
Bell Boy
Petugas
bagian depan hotel yang melayani tamu-tamu masuk ke kamar yang dipesan
13.
Booking (Reservation)
Pemesanan
di tempat-tempat penginapan (hotel, motel, losmen)
14.
Buffet
Sistem
pelayanan hidangan yang disajikan di meja besar dan tamu dipersilahkan
memilih sendiri hidangan yang disukai. Di
Indonesia lebih dikenal dengan istilah prasmanan
15.
Bungalow
Tempat peristirahatan yang tidak berbentuk
hotel, namun menyediakan fasilitas fasilitas penginapan untuk sejumlah orang
16.
Business Center
Bagian
dari hotel yang memberikan pelayanan seperti fotocopy, penyewaan computer,
layanan internet dll
17.
Cabana
Kamar
yang dihubungkan dengan kolam renang, tidak merupakan bagian bangunan inti
hotel, karenanya tidak selalu disediakan fasilitas untuk tidur.
18.
Cancellation
Pembatalan pemesanan kamar hotel
19.
Check-in
Tamu
masuk hotel dan mendaftarkan diri di bagian penerimaan (Receptionist)
20.
Check-list
Lembar / daftar
pemeriksaan
21.
Check Out
Tamu pergi meninggalkan hotel setelah
menyelesaikan perhitungan rekening / bill hotel
22.
Collect Call
Penggunaan jasa telephone dengan biaya ditanggung penerima. Misal :
seorang wisatawan ingin berkomunikasi dengan keluarganya di luar negeri. Karena
tarif yang mahal, wisatawan tersebut ingin biaya ditagihkan ke penerima.
Operator akan menanyakan terlebih dahulu kesediaan penerima
23.
Complimentary
Pemakaian fasilitas hotel (kamar, makanan dll) yang tidak dipungut bayaran
(cuma-cua)
24.
Concierge
Bagian suatu organisasi hotel yang melayani tamu-tamu sejak
menginjakan kaki di depan pintu hotel hingga meninggalkan hotel. Misal :
informasi umum, membukakan pintu kamar, membawakan barang-barang tamu ke kamar,
juga melayani beberapa permintaan dan pesanan tamu lainnya.
25.
Confirmed Reservation
Penegasan dari petugas hotel yang menerangkan bahwa pesanan kamar
sudah diterima (via surat
maupun telepon) denga batas waktu sampai jam 18.00. Namun jika s.d jam telah
ditentukan kamar terisi penuh (full house) petugas harus mengupayakan agar tamu
dapat memperoleh kamar di hotel lain (biasanya ada semacam kerjasama antar
hotel mengenai ini)
26.
Connecting Room
Kamar-kamar yang digabungkan / dihubungkan dengan pintu khusus
sehingga tamu tidak perlu lewat koridor
27.
Continental Breakfast
Menu sarapan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat,
susu, teh) yang disajikan bersama roti bakar dan selai (selai nanas, jeruk,
strawbery, dll) continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia selain dihidangkan
diatas, ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging / ikan dingin.
28.
Continental Plan
Tarif hotel dengan makan pagi, maksudnya tarif yang dikenakan
terhadap yang menginap di hotel itu sudah termasuk sarapan pagi
29.
Contracted Rate
Tarif yang disetujui oleh kedua belah pihak, terutama tarif yang
dikenakan rombongan dalam jumlah banyak/perusahaan/travel Agent dll
30.
Cover Charge
Biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang memasuki suatu
ruangan untuk menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat itu. Misal :
klab malan (night club). diskotek (discotheque) dan theater. Cover charge
biasanya termasuk juga dengan makanan / minuman yang disajikan selama menonton
acara tersebut.
31.
Croutons
Potongan roti yang dibakar atau digoreng
dengan mentega untuk pengiring makan sop panas
32.
Daftar Tunggu (Waiting
List)
Daftar yang disediakan untuk para tamu yang belum mendaftar diri
memesan kamar dan belum memesan sebelumnya
33.
Day Use
Pemakaian kamar hanya beberapa jam di tempati.
34.
Deluxe Room
Kamar kelas utama suatu hotel, ukuran kamar lebih besar, kualitas
sarana lebih baik, pelayanan-pelayanan khusus yang berbeda dari kelas standar
35.
Departure Date
Tanggal keberangkatan tamu dari suatu hotel, biasanya dihitung
setelah check-out
36.
Departure List
Daftar keberangkatan tamu dari hote
37.
Deposit
Uang panjar / persekot yang diberikan tamu terlebih dahulu untuk
memesan suatu kamar hotel atau ruangan sebelum tamu tersebut menggunakan
fasilitas hotel
38.
Dessert
Hidangan berupa makanan untuk pencuci mulut (perabung) misalnya
buah buah segar (pisang, apel,
nanas) roti keju
39.
Dinner
Sentap malam dalam hidangan European Standard Course
40.
Door Knob Menu
Daftar menu yang digantungkan di pegangan
pintu. Dalam menu tersebut tamu mengisi daftar makanan yang dipesannya untuk
makan pagi. Kemudian petugas malam menyerahkan kepada bagian persiapan hidangan
(food and beverage)biasanya menunya
terbatas.
41.
Doorman
Pramu pintu, petugas yang melayani tamu-tamu yang masuk dan keluar
hotel (misalnya membukakan pintu mobilnya, membantu membawakan barang-barang
memegangkan payung untuknya)
42.
Double(Twin) Bed
Tempat tidur ganda (digunakan untuk dua
orang)
43.
Double Lock
Kunci ganda yaitu kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih
menjamin keamanan kamar
44.
Double Occupancy
Satu
kamar yang diisi 2x dalam 1 hari
45.
Single Bed
Tampat tidur tunggal (digunakan untuk 1 orang)
46.
Double Lock
Kunci ganda yaitu kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih
menjamin keamanan kamar
47.
Double Occupancy
Satu kamar yang diisi oleh dua orang
48.
Dressing
Bumbu pengiring (misalnya untuk menghidangkan tomat belah dan roti
dadu goreng)
49.
Drug Store
Gudang / kios yang menjual berbagai obat dan keperluan pribadi
lainnya yang berada di area hotel
50.
Dry Cleaning Service
Pelayanan cuci kering, yakni jasa pencucian dengan mempergunakan
solven (tidak mempergunakan air sebagai pembersih)
51.
Early Arrival
Kedatangan dini, yakni tamu datang ketika
kamar belum diatur karena masih terlampau pagi.
52.
Entree
Hidangan utama (main course) dalam suatu penyajian European Standard
Course
53.
ETA (Estimated Time Arrival)
Jam tiba berdasarkan perkiraan, mengingat keterlambatan yang pernah
terjadi, atau jam tiba yang lebih cepat dari waktu yang tercantum dalam dafar
(kereta api, bus, penerbangan dsb)
54.
ETD (Estimated Time
Departure)
Jam keberangkatan berdasarkan perkiraan
(kereta api, bus, penerbangan dsb)
55.
Extra Bed
Pambahan tempat tidur di dalam kamar hotel yang disewa bila jumlah
penghuni kamar melebihi daya tampung tempat tidur yang ada
56.
Extend
Memperpanjang lama tinggal di hotel
57.
Family Room
Kamar hotel yang berfasilitas
seperti kamar keluarga, di dalamnya terdapat dua kamar tidur besar yang dapat
menampung empat orang sekaligus
58.
Front Desk
Kantor depan hotel tempat pendaftaran tamu yang akan menginap di
hotel atau tempat untuk memproses
tamu yang akan meninggalkan hotel (check out)
59.
Front Desk Agent (FDA)
Petugas kantor depan hotel yang berfungsi ganda sebagai Receptionist
dan
cashier
60.
Front Office
Bagian kantor depan hotel yang mengurus kedatangan (check-in) dan kepergian
tamu (check-out), sekaligus memberikan informasi lengkap yang diperlukan oleh
wisatawan yang akan menginap di hotel
61.
Full House
Hotel yang seluruh kamarnya sudah dipesan oleh tamu, sehingga tidak
mungkin untuk menerima pesanan kamar
62.
Full Board
Penginapan yang
sudah termasuk biaya untuk makan pagi, makan siang dan makan malam
63.
Gastonomist
Orang yang suka makan enak yang pandai
menyusun hidangan yang lezat
64.
Guest Relations Officer
(GRO)
Petugas yang ada di
sekitar lobby yang bertugas menyambut tamu hotel
65.
Go Show (Walk in)
Chek in tanpa booking
terlebih dahulu
66.
Guarantee Letter
Surat garansi / surat jaminan yang diberikan sebuah perusahaan
kepada hotel sebagai jaminan penagihan (perusahaan tersebut telah menjalin
kerjasama dengan hotel)
67.
Guest Bill
Rekening / bill tamu yang harus dibayar untuk biaya sewa kamar &
hidangan hotel
68.
Guest Card
Kartu tamu, tanda bukti
yang dibawa tamu yang menginap di hotel
69.
Half Board
Penginapan yang sudah termasuk biaya untuk makan
pagi dan makan siang atau makan malam
70.
Hotel
Tempat
penginapan yang ditangani secara komersial, dengan menyediakan fasilitas
akomodasi yang memadai beserta hidangan dengan pelayanan yang baik
Bagian hotel yang disewakan kepada
suatu perusahaan dalam jangka panjang yang digunakan untuk kantor, toko, biro
jasa dsb
72.
House Use
Kamar hotel yang
digunakan untuk ditempati oleh karyawan hotel sendiri
73.
Late Arrival
Kedatangan
terlambat tamu melampaui waktu yang telah ditetapkan
74.
Late Check-Out
Check-out terlambat, meninggalkan hotel setelah melewati batas waktu
yang telah ditetapkan
75.
Laundry
Bagian pencucian hotel, tempat para tamu hotel menyerahkan
pakaian-pakaian kotor untuk dicuci oleh laundry maid (petugas pencuci)
76.
Laundry List
Daftar cucian tamu (berisi daftar
jenis pakaian, tarif cucian, nama pemiliknya)
77.
Limited Hours
Waktu
terbatas bagi tamu yang sudah memesan kamar
78.
Long Staying Guest
Tarif khusus diberikan kepada tamu yang menginap cukup lama di suatu
hotel (lebih dari satu bulan)
79.
Marketing Strategy
Strategi kegiatan pemasaran sesuai kebijaksanaan pemanasan untuk
mencapai sasaran
80.
Mattrass Pad
Alas
tipis untuk kasur (diatas tempat tidur)
81.
Mini Bar
Lemari Es kecil yang di taruh di dalam
kamar dan diisi dengan minuman ringan (soft drink) untuk tamu. Tamu dapat
memilih sendiri jenis minuman yang disenangi sedangkan tagihan dapat ditagihkan
kemudian
82.
Motel
Akomodasi dengan fasilitas khusus berupa tempat parkir mobil yang
luas di dekat kamar-kamar hotel sehingga tamu mudah menempatkan mobilnya di
dekat pintu kamarnya. Motel menyediakan fasilitas akomodasi selama kurang dari
24 jam
83.
No Show
Tamu yang tidak
jadi dating tanpa pemberitahuan
84.
No Show Charge
Biaya yang dikenakan bagi pemesanan kamar yang tidak jadi menginap
tanpa pemberitahuan sebelumnya
85.
Occupied Rooms
Kamar
hotel yang sedang ditempati tamu
86.
Over Booking
Kelebihan pesanan, yaitu suatu keadaan yang menunjukan jumlah pemesanan
lebih banyak dari pada jumlah kamar yang tersedia.
87.
Package Tour
Jadual acara perjalanan wisata yang sudah diatur dengan teliti
termasuk tarif seluruhnya (akomodasi, transportasi, konsumsi, objek wisata,
biaya masuk menonton suatu pertunjukan)
88.
Pass Key / Master Key
Kunci
yang dapat membuka beberapa kamar
89.
Perishable
Bahan
makanan yang mudah rusak. Misal : kol, daging, susu segar, ikan dll
90.
Poached Egg
Telur yang dipecah kemudian dimasukan ke dalam air mendidih dan
dimasak lagi sebentar sehingga putih telur matang menggulung kuning telur yang
masih setengah matang
91.
Rack Rate
Tarif
kamar yang berlaku disuatu hotel
92.
Registration Card
Kartu daftar tamu yang terdaftar di hotel
93.
Rental Space
Ruang hotel yang disewakan kepada pihak luar yang dimanfaatkan
sebagai kantor perwakilan biro penerbangan, agen perjalanan, toko cindera mata,
kantor, bank dll
94.
Receptionist
Petugas yang menerima tamu hotel ketika pertama kali masuk hotel
(check-in) dan memberi informasi kepada para tamu mengenai hal-hal yang
bersangkut paut dengan akomodasi
95.
Reservation
Pemesanan kamar suatu
hotel
96.
Room Boy
Petugas yang menangani masalah kebersihan kamar hotel (menghias
kamar, membersihkan tempat tidur, mengganti sarung bantal, seprai dll)
97.
Russian Service
Pelayanan gaya
Rusia / Soviet yakni suatu pelayanan dimana para tamu siap di kursi
masing-masing kemudian pramusaji menghidangkan makanan dan minuman dengan
platter, tamu dipersilahkan mengambil sendiri-sendiri hidangan yang disukainya.
98.
Room Service
Hidangan makanan & minuman yang
dikirim ke kamar sesuai dengan pesanan pada jam-jam yang telah ditentukan. Sebagian
besar hotel menyediakan layanan 24 jam Room Service ini
99.
Safety Chain
Rantai pengamanan pintu kamar yang
disarankan digunakan apabila tamu sedang berada di dalam kamarnya (untuk
menjaga keamanan)
100.
Safety Deposit Box
Kotak tempat menyimpan barang berharga milik tamu hotel yang di
taruh di kantor depan hotel (Front Office) atau disediakan di masing-masing
kamar
101.
Service Charge
Ongkos pelayanan yang dikenakan kepada tamu selama tamu menikmati
fasilitas hotel, besar biaya service charge biasanya 10 % dari harga pokok
102.
Service Directory
Petunjuk-petunjuk khusus yang dipasang di dalam kamar hotel,
sehingga tamu mengetahui hal-hal yang diinginkan, boleh dilakukan dan tidak
103.
Single Bed
Tempat tidur tunggal, tempat tidur yang
digunakan untuk satu orang (berukuran kecil)
104.
Single Occupancy
Penghuni
tunggal sebuah kamar hotel
105.
Side Stand
Meja untuk menaruh bermacam-macam saus dan peralatan bersih yang
siap digunanakan (piring, sendok, garpu dll)
106.
Skipper
Tamu yang semula menyewa kamar, tetapi tidak menyelesaikan
pembayaran terhadap hotel atas biaya sewa kamar dan pelayanan yang telah
dinikmati
107.
Sleeper
Penambahan
jumlah pengisi kamar tanpa pemberitahuan kepada bagian kantor depan hotel
108.
Sleep Outs
Tamu yang sudah tercatat sebagai
pengisi kamar di suatu hotel (check in), namun tidak tidur dikamar itu. Dia
tidur ditempat lain
109.
Store Arcade
/ Store Rental
Bagian dari gedung hotel yang
disewakan pihak hotel kepada pihak luar
110.
Suite Room
Jenis kamar di hotel dengan fasilitas
perlengkapan yang lebih banyak. Selain kamar tidur, juga terdapat kamar tamu,
ruang duduk (sitting room), dapur kecil (kitchenette), mini bar, dan fasilitas
lainnya sehingga dalam keseluruhannya tampak lebih besar dari kamar-kamar biasanya
111.
Telephone Charge
Biaya
telephone yang dibebankan kepada pemakai
112.
Telephone Courtesy
Sopan santun
berbincang-bincang lewat telephone
113.
Tourist Kit / Sales Kit
Kumpulan beberapa brosur, kartu pos
bergambar, dan lain-lain berisi informasi wisata yang bertujuan dengan sarana
promosi
114.
Traveller’s Cheque
Cek khusus yang dikeluarkan oleh biro perjalanan / bank untuk
mengurangi resiko kehilangan uang selama dalam perjalanan
115.
Uniform Service
Melayani tamu yang baru datang (membawakan barang-barang, membukakan
pintu) menyalakan lampu kamar, menghidupkan AC, membersihkan kantor depan dll)
116.
Vacant Room
Kamar
yang masih kosong, kamar yang dapat dipesan
117.
Valet
Bentuk pelayanan berupa menandai pakaian para tamu yang akan
disetrika oleh Laundry, kemudian mengantarkan kepada pemiliknya dalam keadaan
terbungkus rapi.
118.
Voucher
Dokumen yang dikeluarkan oleh biro perjalanan untuk wisatawan dan
biro perjalanan lain. Dapat ditukar dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia
(akomodasi, transportasi dalam kota,
makan minum, dll) sesuai dengan apa yang telah dibayar oleh wisatawan kepada
biro perjalanan itu.
119.
Wake up Calls
Panggilan untuk membangunkan tamu (yang dilakukan oleh bell boy,
room boy atau telephone operator)
120.
Walk in Guest
Tamu hotel yang datang tanpa mengadakan
pemesanan kamar terlebih dahulu. Biasanya seorang tamu akan memesan kamar
terlebih dahulu baik melalui biro perjalanan maupun secara langsung
121.
Wall to Wall Carpeted
Room
Kamar
yang lantainya dilapisi dengan karpet
122.
Wardrobe
Alamari
pakaian, almari yang digunakan untuk menyimpan pakaian
No comments:
Post a Comment