Pada awalnya hotel adalah sebuah rumah biasa yang
disewakan untuk penginapan. Pada masa itu hotel tidak menyediakan makan
dan minum bagi para tamunya. Pendapatan utama hotel semata- mata dari
penyewaan kamar.
Kemudian dalam perkembangannya, untuk meningkatkan
pelayanan terhadap tamu, mulailah dipikirkan pelayanan makan dan minum
dengan masih tanpa mengharapkan keuntungan dari sektor layanan ini.
Bersama jalannya waktu, ternyata pelayanan makan dan minum suatu hotel
merupakan salah satu daya tarik bagi para tamu yang datang menginap.
Untuk menarik pengunjung lebih banyak lagi maka mulailah para pengelola
hotel memikirkan pengembangan dari makan dan minum ini kemudian muncul
coffee shop dan snack bar di banyak hotel. Lama kelamaan pelayanan makan
dan minum ini ternyata dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dan
cukup mendatangkan keuntungan bagi hotel. Para pengelola hotel kemudian
mulai memberi perhatian lebih terhadap sektor ini. Mulailah dipikirkan
adanya sistem pengolahan makanan dan minuman yang ahli, cara pelayanan
yang professional, dan tempat makanan serta minuman diolah. Pada masa
inilah muncul yang namanya dapur (kitchen) di hotel. PENGERTIAN KITCHEN
HOTEL Dapur hotel merupakan salah satu bagian hotel yang tugas utamanya
adalah mengolah makanan atau memproduksi makanan. Dapur hotel memegang
peranan yang tidak kalah penting dengan bagian-bagian lain yang ada di
hotel. Dapur hotel dibagi menjadi beberapa sub bagian yang mempunyai
fungsi dan tugas sesuai dengan jenis makanan yang harus disiapkan,
seperti soup,vegetable,sauce,pastry,pantry dan butcher. Dalam mengolah
makanan,seorang karyawan dapur atau juru masak harus mengerti tentang
kesehatan dan kebersihan,pengetahuan memasak,standar resep,standar
pelayanan penggunaan alat dapur dan hal lain tentang makanan. Dengan
produksi makanan yang baik maka tamu akan tetap berlangganan pada hotel
itu. HUBUNGAN KITCHEN DENGAN BAGIAN-BAGIAN LAIN DI HOTEL Dalam
pelaksanaan tugasny,dapur mempunyai hubungan yang erat dengan
bagian-bagian lain yang ada di hotel.hubungan kerja sama yang baik
antara dapur dengan bagian-bagian lain akan sangat menunjang keseluruhan
hasil pekerjaan dapur demi kelancaran dan efisiensi kerja.
Bagian-bagian lain yang berhubungan dengan dapur adalah
restoran,stewarding,engeneering,housekeeping,front office, dan
catering/banquet. Restoran Bagian ini merupakan bagian yang langsung
berhubungan dengan tamu, untuk menawarkan segala hasil yang telah dibuat
di dapur kepada para tamu hotel. Bagian stewarding Bagian ini membantu
dapur dalam menyediakan alat-alat kebersihan. Dibagian inilah peralatan
dapur dibersihkan dan dipelihara, sekaligus juga membersihkan seluruh
ruangan dapur. Bagian engeneering Bagian ini merupakan bagian yang
memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada kitchen utensils
maupun kitchen equipment. Bagian housekeeping Bagian ini merupakan
bagian yang mencuci pakaian seragam karyawan dapur. Bagian front office
Bagian ini membantu dapur dalam memberikan informasi mengenai jumlah dan
jenis tamu (VIP atau Group). Atas dasar laporan inilah dapur akan
membuat perencanaan pengolahan makanan yang sesuai dengan keadaan tamu.
Bagian accounting hubungan dapur dengan bagian ini terutama yang
menyangkut keuangan, karena dibagian inilah hasil pemasukan dari dapur
dibukukan. Selain itu,bagian ini mengeluarkan dana untuk pembelian
alat-alat dapur dan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan, serta untuk
membayar upah karyawan dapur. Bagian catering/banquet Bagian ini
merupakan bagian yang membantu dapur dalam hal pelayanan pesanan, baik
di dalam maupun di luar hotel. Misalnya, pesanan untuk resepsi atau
seminar.
No comments:
Post a Comment